Sprite Packer adalah salah satu fitur di Unity yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa asset dengan packing tag yang sama dalam satu atlas.
Berikut sedikit ilustrasinya, misalkan, saya membuat sebuah UI menggunakan 4 asset seperti yang diatas :
Ketika kita mengeceknya melalui profiler, kita menemukan bahwa ke 4 texture tersebut menggunakan 1.4 MB memory
dan ketika kita juga mengecek jumlah draw call, kita menemukan ke 4 texture tersebut memerlukan 6 draw call.
Kemudian ke-4 asset tersebut dijadikan satu atlas menggunakan Sprite Packer.
Sehingga jadi seperti ini :
Setelah kita mengecek kembali melalui profiler, ukurannya menjadi 1.0 MB
dan jumlah draw call yang diperlukan menjadi 3.
Dalam melakukan packing tag kita harus berhati-hati, karena bisa jadi hasil packing tag tidak mengoptimasi kinerja sistem, tapi malah sebaliknya. Panduan sederhana dalam melakukan packing tag adalah dengan memberi tag yang sama untuk asset texture yang berada di scene yang sama. Misal, terdapat lima texture (A, B, C, D, dan E) digunakan pada tiga scene berbeda, perincian penggunaan sebagai berikut:
Kelima texture tersebut di-packing menggunakan dua tag seperti ini : A dan B, D dan E, dan C. C tidak perlu di-packing karena assetnya cuman satu.
Kesimpulan, fitur Sprite Packer pada Unity dapat mengoptimasi penggunaan CPU dan memory dengan catatan proses taging dilakukan dengan benar.
Leave a Reply